-->

Kelebihan Pendekatan Inkuiri

Pendekataan inkuiri


Kelebihan pendekatan inkuiri

  1. Dapat membentuk dan mengembangkan “self-consept” pada diri siswa, sehingga siswa dapat mengerti tentang konsep dasar dan ide-ide lebih baik.
  2. Membantu dalam menggunakan ingatan dan transfer pada situasi proses belajar yang baru.
  3. Mendorong siswa untuk berfikir dan bekerja atas inisiatifnya sendiri, bersikap obyektif, jujur, terbuka dan bekerjasama.
  4. Mendorong siswa untuk berpikir intuitif dan merumuskan hipotesisnya sendiri.
  5. Memberikan kepuasan yang bersifat intrinsik.
  6. Situasi proses belajar menjadi lebih menarik bagi siswa.
  7. Dapat mengembangkan bakat atau kecakapan individu.
  8. Memberi kebebasan siswa untuk belajar mandiri.
  9. Dapat menghindarkan siswa dari cara-cara belajar yang tradisional. Kegiatan belajar menjadi lebih hidup, karena siswa harus berperan aktif.
  10. Dapat memberikan waktu pada siswa secukupnya sehingga mereka dapat mengasimilasi dan mengakomodasi informasi.
inkuiri

Manfaat pendekatan inkuiri

Metode inkuri memberikan pengalaman-pengalaman belajar yang nyata dan aktif kepada peserta didik. Peserta didik diharapkan dapat mengambil inisiatif yang positif dalam proses belajarnya. Dengan metode ini mereka akan dilatih bagaimana memecahkan masalah, membuat keputusan, dan memperoleh keterampilan, serta memungkinkan peserta didik dalam berbagai tahap perkembangannya bekerja dengan masalah-masalah yang sama dan bahkan bekerja sama dalam mencari solusi terhadap masalah- masalah yang dihadapi.
Selain untuk mengembangkan kemampuan intelektual, model pembelajaran inkuiri sangat baik untuk menjadikan siswa lebih menghayati proses penyelidikan yang dilaksanakan dan belajar tentang prosedur ilmiah secara langsung. Tujuannya adalah agar siswa memperoleh pengetahuan baru dengan cara mencari sendiri.

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser