-->

Pengertian Metode Praktikum, Kelebihan Dan Kekurangan Metode Praktikum

Terkhusus pada anak sekolah dasar, IPA adalah salah satu mata pelajaran yang digemari oleh siswa, karena disini mereka bisa menggunakan apa yang ia dapatkan disekolah untuk digunakan dalam kehidupan sehari hari, juga pada saat masa ini mereka sedang semangat semangat nya untuk menjelajah alam sekitar, jadi jika pembaca adalah seorang guru IPA maka, ada metode yang cocok digunakan dalam pembelajaran dikelas, Yakni Metode Praktikum. Kenapa? temukan jawabannya dibawah sini.
Pengertian, langkah langkah, kekurangan Metode Praktikum
Metodeee.blogspot.com

Pengertian Metode Praktikum

Metode praktikum yaitu metode mengajar dengan mempraktikkan langsung atau membuktikan suatu konsep materi yang dipelajari. Metode praktikum ini merupakan salah satu metode yang paling tepat untuk digunakan dalam pembelajaran sains/ipa, karena dalam sains/ipa berasal dari hal hal yang bersifat fakta atau benar. jadi siswa bisa membuktikan sains/ipa yang dipelajari.

Selain metode praktikum, ada juga metode eksperimen dimana metode ekperimen ini juga bisa membuktikan fakta dari sains. namun, pengertian metode eksperimen dan praktikum seringkali dianggap sama, atau dipertukarkan, praktikum dan ekperimen keduanya memiliki persamaan melibatkan kegiatan yang didalamnya mengunakan pengamatan dan pengunaan alat. sedangkan perbedaan diantara kedua metode praktikum dan metode eksperimen adalah kegiatan eksperimen digunakan kontrol atau pembanding dan digunakanya pengendalian variabel, sedangkan praktikum tidak.

Praktikum adalah salah satu bentuk pengajaran yang dianggap cukup efektif dalam pembelajaran, karena dalam metode praktikum ini sudah mencakup tiga ranah yakni kognitif, afektif dan psikomotorik. dan perlu digaris bawahi jika guru ingin menggunakan metode praktikum dengan efektif maka guru harus bisa mendesain kegiatan praktikum secara terstruktur.
Praktikum merupakan suatu metode yang dapat dilaksanakan dilaboratorium dan bisa juga dilaksanakan dilapangan.

Manfaat Metode Praktikum

Hamalik menyebutkan manfaat pengunaan metode praktikum, yakni:
  1. Metode Praktikum memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuktikan/ mempraktikan teori, konsep, prinsip prinsip yang telah dipelajari siswa selama proses belajar didalam kelas
  2. Metode praktikum memberikan pengalaman praktik kepada siswa siswa untuk berusaha meningkatkan kualifikasi kejuaraannya dilapangan maupun laboratorium yang tidak mungkin ia peroleh melalui tatap muka dikelas.
  3. Metode praktikum juga bermanfaat sebagai kesempatan untuk melakukan survey dan evaluasi atau uji coba dengan maksud untuk mencobakan suatu teori baru dalam situasi dan kondisi aktual.
  4. Membantu siswa dalam menilai dan meneliti suatu masalah, membuktikan suatu teori atau uum berdaarkan data dan infomasi yang diperoleh selama praktik.

Langkah langkah metode praktikum

  1. Guru menjelaskan kepada siswa tentang tujuan praktikum
  2. Siswa perlu mengetahui tentang alat alat serta bahan bahan yang akan digunakan dalam percobaan.
  3. Selama proses pembelajaran berlangsung, guru harus selalu mengawasi kegiatan/tingkah laku siswa.
  4. Setelah selesai praktikum, guru mengumpulkan hasil penelitian siswa, lalu mendiskusikannya, serta mengevaluasi praktikum tadi dengan tes atau sekedar tanya jawab.
Dengan menggunakan metode praktikum dalam pembelajaran, siswa akan mengalami proses pembelajaran secara langsung yangakan membuat siswa aktif dan mendaat pengalaman yang seru dan menyenangkan. sehinga proses pembelajarannya tidak membosankan siswa, dan menjenuhkan siswa.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Praktikum

Kelebihan metode praktikum yakni:
  1. Siswa dirangsang untuk berfikir kritis, tekun, jujur, mau berkerja sama, terbuka dan objektif
  2. Siswa belajar secara konstruktif dan tidak bersifat hafalan.
  3. Siswa ditempatkan pada situasi belajar yang penuh tantangan sehingga siswa akan lebih merasa tertantang untuk mengikuti pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran tersebut siswa tidak mudah bosan.
  4. Konsentrasi siswa terarahkan pada kegiatan pembelajaran
  5. Siswa dengan lebih mudah memahami suatu konsep yang bersifat abstrak.
Sedangkan untuk kekurangan metode praktikum adalah:
  1. Memerlukan waktu yang relatif panjang/lama
  2. Memerlukan alat alat dan bahan yang terkadang sulit didapat dan dengan harga yang cukup mahal.
  3. Guru harus dapat membuat perancangan kegiatan praktikum yang matang. Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
  4. Siswa dituntut untuk mengetahui terlebih dahulu tujuan melaksanakan praktikum dan kesimpulan
  5. Cenderung memerlukan ruangan atau tempat khusus.

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser