-->

Pengertian Metode Pembelajaran Adalah

pengertian Metode pembelajaran
Metodeee.blogspot.com

Pengertian Metode Pembelajaran

Dari sudut etimologis, metode berasal dari kata ''meta'' dan ''hodes'' meta memiliki arti melalui dan hados berarti cara. Sedangkan dari segi istilah metode adalah jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan. sedangkan pembelajaran adalah sebuah kegiatan belajar mengajar yang interaktif yang terjadi antara guru (pendidik) dan siswa (peserta didik) yang diatur berdasarkan kurikulum yang disusun secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan tujuan tertentu. Jadi dapat disimpulkan, Metode Pembelajaran adalah Cara cara tertentu yang mesti ditempuh untuk kegiatan belajar mengajar antara peserta didik dengan pendidik untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Prinsip Prinsip Metode Pembelajaran

Perlu diperhaikan dalam menggunakan metode dalam pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip prinsip yang mendasari urgensi metode dalam proses pembelajaran.
1. Prinsip motivasi dan tujuan belajar. perlu diketahui bahwa motivasi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam proses pembelajaran. dengan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran maka diibaratkan guru sedang mengisi bahan bakar siswa untuk bersungguh sungguh mengikuti pembelajaran.
2. Prinsip kematangan dan perbedaan individual. belajar memiliki masa kepekaan masing masing dan tiap anak memiliki tempo kepekaan yang tidak sama. Semua perkembangan pada setiap anak jelas memiliki tempo yang berbeda beda. karena itu guru harus memperhatikan waktu dan irama perkembangan anak, motif, intelijensi dan emosi, kecepatan menangkap pelajaran, serta pembawaan dan faktor lingkungan.
3. Prinsip penyediaan peluang dan pengalaman praktis. belajar dengan memperhatikan peluang sebesar besarnya bagi partisipasi anak didik dan pengalaman langsung oleh anak akan jauh memiliki makna.
4. Integrai pemahaman dan pengalaman. prinsip belajar ini didasarkan pada asumsi bahwa pengalaman mendahului proses belajar dan isi pengajaran atau makna sesuatu haru berasal dari pengalaman siswa itu sendiri. Pendekatan belajar yang mungkin dapat dilakukan adalah:
  • Mengalami. proses ini diawali dengan adanya pengalaman dengan melakukan langsung suatu kegiatan
  • mengungkapkan. setelah proses mengalami, maka masuk ketahab berikutnya yakni mengungkapkan kembali apa yang sudah dialaminya dan tanggapan atau kesan pengalaman tersebut.
  • Mengolah. semua pengalaman yang sudah didapatkan oleh diri nya sendiri dan pengalaman teman teman belajar dikaitkan dengan pengalaman lain yang mungkin mengandung makna yang sama.
  • menyimpulkan. mengembangkan atau merumuskan prinsip prinsip berupa kesimpulan umum dari pengalaman tadi yang didapat.
  • menerapkan. Proses pengalaman belum lengkap jika suatu ajaran baru belum dipergunakan atau diuji dalam perilaku yang sesungguhnya.
5. Prinsip fungsional. Setiap belajar tidak bisa lepas dari suatu manfaat.
6. Prinsip menggembirakan. Belajar merupakan proses yang terus berlanjut tanpa berhenti, tentu seiring kebutuhan dan tuntutan yang terus berkembang. berkaitan dengan kepentingan belajar yang terus menerus, sehingga kesadaran belajar pada anak cepat berakhir. disini yang dimaksut membuat proses yang bisa membuat anak tidak bisa cepat bosan.

Syarat syarat dalam penggunaan metode pembelajaran
  1. Metode yang dipergunakan harus dapat membangkitkan motif, minat, atau gairah belajar siswa.
  2. Metode yang diguakan harus dapat merangsang keinginan siswa untuk semangat dalam belajar
  3. Metode yang digunakan harus dapat memberikan waktu kesempatan bagi siswa untuk mewujudkan hasil karyanya/ hasil yang ia dapat dalam belajar
  4. Metode yang digunakan harus dapat menjamin perkembangan kepribadian peserta didik.
  5. Metode yang digunakan harus dapat mendidik peserta didik dalam teknik belajar sendiri dan cara memperoleh pengetahuan melalui usaha pribadi.
  6. Metode yang digunakan diharuskan dapat menumbuhkan nilai nilai dan sikap siswa dalam kehidupan sehari hari.
Oleh Karena itu, Metode mengajar tidak dapat diabaikan, karena metode mengajar tersebut ikut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar dan merupakan bagian yang terpenting dalam suatu sistem pembelajaran.

Ayoo seorang guru pasti tau betul tentang metode pembelajaran. 

Oldest Post
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser
Oldest Post