-->

Metode Pembelajaran Reading Guide

Reading Guide itu salah satu metode yang tepat untuk digunakan didalam kelas, agar adanya sebuah variasi metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. dengan demikian siswa tidak jenuh dan suasana hari hari siswa di sekolah tidak monoton.

Reading Guide

Pengertian Metode Reading Guide (Panduan Membaca)

 Reading Guide adalah suatu kemampuan untuk membantu peserta didik lebih mudah dalam memahami suatu materi pokok dan membatu agar lebih fokus dalam memahi materi pokok yang sedang di pelajari.
Reading dalam kamus artinya membaca, menurut klein, dkk (dalam farida rahim, 2005: 3) bahwa definisi membaca mencakup beberapa hal:
  1. Membaca merupakan suatu proses. Maksutnya adalah informasi dari teks dan pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca yang utama dalam membentuk makna.
  2. Membaca adalah strategis. Pembeca yang efektif menggunakan berbagai strategi membaca yang sesuai dengan teks dan konteks dalam rangka menontruksi makna ketika membaca.
  3. Membaca merupakan interaktif. keterlibatan pembaca dengan teks tergantung pada konteks. teks yang dibaca seorang harus mudah dipahami sehingga terjadi interaksi antara pembaca dan teks.
Membaca adalah melihat tulisan dan mengerti atau dapat melisankan apa yang tertulis, defisini lain menyebutkan bahwa membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari suatu yang tertulis, melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa.

Membaca Menurut Para Ahli

Membaca merupakan suatu proses membangun pemahaman dari teks yang tertulis (mith, 1988: 14).  Membaca merupakan suatu keterampilan yang kompleks yang melibatkan serangkaian keterampilan yang lebih kecil lainnya (Ahuja, 1999: 13). Dengan kata lain membaca adalah proses ganda, meliputi proses penglihatan dan proses tanggapan. sebagai proses penglihatan, membaca bergantung pada kemampuan melihat simbol simbol. Oleh karena itu mata memiliki peran yang sangat penting (Wassman dan Rinsky, 1993: 5). Sebagai proses tanggapan, membaca menunjukan Iterprestasi segala penguat. proses membaca juga meliputi identifikasi symbol symbol bunyi dan mengumpulkan makn melalui simbol simbol tersebut (Ahuja, 1999: 12)

Jadi dapat disimpilkan membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari suatu yang ditulis.

Penguasaan metode reading guide yang sangat dipentingkan adalah konsep learning how to learn ( belajar bagai mana belajar ), yaitu belajar yang bertujuan untuk menguasai bagaimana mempelajari sesuatu, bukan belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan atau keterampilan tertentu.
Maka ilmu pengetahuan mengalami eksplosi atau berkembang dengan sangat cepat sehingga siswa harus dapat menguasai cara mempelajari ilmu pengetahuan dan dapat belajar sendiri tanpa banyak tergantung pada guru. Jika belajar merupakan suatu yang bersifat alami maka akan lebih memberi kemudahan dalam mempelajari sesuatu. kecepatan belajar tidak terjadi dengan sendirinya tetapi melalui suatu proses yang berkesinambungan.

Langkah langkah Reading Guide

  1. Tentukan bacaan yang akan dipelajari.
  2. Buatlah pertanyaan pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik atau kisi kisi dan boleh juga bagan atau skema yang dapat diisi oleh mereka dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi.
  3. Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan atau kisis kisinya ke peserta didik.
  4. Tugas peserta didik adalah mempelajari bahan bacaan tersebut dengan menggunakan pertanyaan ayau kisi kisi yang ada. Batasi aktifitas ini sehingga tidak memakan maktu yang berlebihan.
  5. Bahas pertanyaan atau kisi kisi tersebut dengan menanyakan jawaban kepada peserta didik.
  6. Pada akhir pembelajaran berilah ulasan atau penjelasan secukupnya.
  7. Terakhir guru memberikan kesimpulan, klarifikasi dan sebuah tindak lanjut.
Dengan demikian maka belajar yang baik untuk mencapai hasil yang maksimal tentu saja harus mempunyai ilmu pengetahuan dan saling berkaborasi dengan keadaan yang ada sehingga dapat memicu keberhasilan siswa dan guru dalam suatu pembelajaran. dengan demikian siswa akan cenderung bereaksi positif terhadap pengakuan dan penghargaan lingkungannya, terutama dari guru maka akan dapat mendorong siswa mencapai prestasi yang lebih tinggi.

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser